=WELCOME TO MY WEBSITE...<- MY PROVIDE ANY THING YOU NEED -> SOFTWARE, APPLICATION, GAMES, CHEAT, INFORMATION, ARTICLES, AND MANY THINGS=

  • Mohon maaf untuk para pecinta Game, karena beberapa Game di Blog ini Linknya sudah Kedeluarsa sehubung Link Partner sudah Pensiun jadi, Untuk beberapa GAME yang diinginkan, jika anda tidak mampu mendownload di BLOG ini, silahkan datang kerumah saya, karena saya memiliki beberapa MASTER/INSTALASI Game yang saya share diBLOG ini, Hub:085348531030 Makassar. Terima kasih

  • Senin, 30 Januari 2012

    SEPULUH POINT DASAR ILMU TAJWID


    Oleh: MUAZZAM PANDRI, Lc.

    Sebelum membahas lebih lanjut tentang teori-teori dalam sebuah cabang ilmu yang akan kita pelajari, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu 10 point dasar yang berkaitan dengan ilmu yang akan kita pelajari tersebut. Karena Kesepuluh point dasar ini dimiliki oleh semua cabang ilmu,tak terkecuali ilmu tajwid. Karena Kesepuluh point dasar yang dimaksud adalah sebagai berikut:

    1. Nama Ilmu yang akan dipelajari
    Nama ilmu yang akan kita bahas adalah ilmu tajwid, atau disebut juga ilmu tartil dan ada juga yang menyebutnya dengan nama Haqqut tilawah.

    2. Definisi
    Definisi ilmu tajwid menurut etimologi adalah memperbaiki atau membuat sesuatu menjadi indah.
    Sedangkan menurut terminology, Ilmu tajwid adalah memberikan hak dan mustahaq semua huruf hijaiyah yang meliputi pengucapan dengan makhraj dan sifat yang sempurna, mengetahui cara berhenti dan memulai, dengan tidak berlebihan dan terlelau dipaksakan sebagaimana yang dipelajari oleh kaum muslimin dari rasulullah melalui proses talaqqi.

    3. Obyek pembahasan
    Obyek pembahasan ilmu tajwid adalah semua kata yang termaktub dalam Al-Qur’anul Karim.

    4. Out put/hasil
    Hasil yang diharapkan setelah mempelajari ilmu tajwid adalah agar lidah terjaga dari kesalahan ketika membaca Al-Qur’an, lebih dari itu agar ridho Allah dapat diraih dengan bacaan yang benar.


    5. Keutamaan
    Ilmu tajwid termasuk cabang ilmu yang paling mulia dibandingkan dengan ilmu yang lain, karena pembahasan dalam ilmu ini berkaitan dengan firman Allah yaitu Al-Qur’anul Karim.

    6. Hubungannya dengan ilmu yang lain
    Ilmu tajwid sangat berbeda dengan cabang ilmu yang lain, karena ilmu tajwid adalah ilmu yang tidak bisa dipelajari sendiri secara otodidak, tapi dipelajari dihadapan seorang pengajar yang ahli dalam bidang ini.

    7. Penemu/Pelopor
    Orang yang pertama kali mempelopori penyusunan teori-teori ilmu tajwid adalah para ulama yang ahli di bidang ini, yaitu para ahli bahasa arab seperti Kholil bin Ahmad Al-Farohidy dan muridnya sibawaih.
    Pada akhir abad ke III H dan awal abad ke IV H ilmu tajwid berdiri sendiri sebagai sebuah cabang ilmu, dan orang yang pertama kali menyusun buku dalam bidang ini adalah Imam Musa Al-Haqqani (wafat 325 H).

    8. Sumber
    Ilmu tajwid bersumber dari Al-Qur’an, sebabgaimana firman Allah:
    ورتل القرءان ترتيلا

    Artinya: Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan.

    Selain itu ilmu tajwid juga bersumber dari perbuatan nabi Muhammad saw dan bagaiman cara beliau mengajarkan cara baca Al-Qur’an ini kepada para sahabatnya melalui proses talaqqi yang diwarisi oleh para ulama sehingga sampai pada kita secara mutawatir.

    9. Hukum
    Hukum mempelajari ilmu tajwid terbagi menjadi dua:
    A. Mempelajari ilmu tajwid secara teori
    Yang dimaksud dengan Mempelajari ilmu tajwid secara teori adalah mempelajari teori-teori umum seperti hukum mim dan nun mati, hukum mad dan lain-lain. Mempelajari hal ini hukumnya fardhu Kifayah.

    B. Mempelajari ilmu tajwid secara praktek
    Adapun mempelajari ilmu tajwid secara praktek adalah mempelajari bagaimana pengucapan dan membaca Al-Qur’an dengan benar sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah. Dalam hal ini hukumnya fardhu ain berdasarkan dalil-dalil berikut:
    1. Firman Allah dalam surat Al-Muzammil ayat 4 sebagai berikut:
    ورتل القرءان ترتيلا

    Artinya: Dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan (tartil).

    Membaca Al-Qur’an secara Tartil merupakan cara baca yang diajarkan Rasulullah kepada para sahabatnya sebagaimana beliau diajarkan oleh jibril dengan cara seperti ini juga. Karena itu, membaca Al-Qur’an secara tartil melalui proses talaqqi merupakan sebuah kewajiban.
    2. Firman Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 121 sebagai berikut:

    yang Artinya sbb: orang-orang yang telah Kami berikan Al kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya[84], mereka itu beriman kepadanya. dan Barangsiapa yang ingkar kepadanya, Maka mereka Itulah orang-orang yang rugi.

    [84] Maksudnya: tidak merobah dan mentakwilkan Al kitab sekehendak hatinya.

    Berdasarkan ayat di atas, orang-orang yang membaca Al-Qur’an tidak dengan semestinya padahal dia mampu, dia termasuk dalam kategori orang-orang yang tidak membaca Al-Qur’an dengan sebenarnya (haqqa tilawatih).

    3. Tidak sepantasnya Al-Qur’an dibaca seperti membaca Koran atau buku-buku yang lain. Karena memang membaca Al-Qur’an punya cara tersendiri yang contohkan oleh Rasulullah dan wajib diikuti oleh setiap muslim untuk menjaga kemurnian Al-Qur’an.

    Adapun orang yang tidak mampu membaca dengan benar serta tidak mampu mengucapkan hurup dengan semestinya, maka Allah tidak membebaninya dengan hal yang diluar batas kemampuannya.
    Dalam hadits Rasulullah disebutkan: “Orang-orang yang membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar akan bersama dengan para malaikat yang mulia, adapun orang yang membacanya dengan terbata-bata dan merasa kesulitan dia mendapatkan dua pahala”

    10. Pokok Bahasan
    Pokok bahasan ilmu tajwid adalah teori tajwid secara umum yang meliputi: Hukum Nun mati dan tanwin yang setelahnya ada salah satu huruf (يرملون) wajib dibaca idghom.

    Inilah sepuluh point dasar yang seyogyanya kita ketahui sebelum membahas lebih lanjut teori-teori tajwid. Semoga Allah mempermudah kita di dalam mempelajari kitab-Nya. Amien.
    di hari berikutnya Ane mau ngebahas tentang bacaan Tajwid yeh.... tunggu ajah
    Wassalamu alaikum Warahmatullahi waabarkatuh


    sumber

    Terima kasih telah berkunjung di BLOG saya...silahkan bergabung dengan saya di FansPage Facebook

    Tidak ada komentar :

    Poskan Komentar

    Apabila ada kerusakan LINK/URL DOWNLOAD, silahkan Komentar dibawah atau INBOX di Facebook Saya

    Looking Previus Comment Here

    How do you think of my blog ...???